Kamis, 23 Oktober 2014
   
Text Size

Pelantikan Pejabat Eselon IIA di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Pelantikan Pejabat Esselon IIA dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM diselenggarakan pada 24 Pebruari 2010 yang bertempat di Graha pengayoman Kementerian Hukum dan HAM, dan pejabat yang dilantik sebanyak 21 orang, diantaranya dari Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan adalah Ny. Cholilah, SH, MHum sebagai Direktur Litigasi, dan dua pejabat lainnya yang mutasi yaitu DR. Wicipto Setiadi, SH, MH yang semula menjabat Direktur Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan menjadi Direktur Perancangan Peraturan Perundang-undangan dan Qomaruddin, SH, MH yang semula Direktur Litigasi menjadi Direktur Harmonisasi.

 

Pada sambutannya Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar menyampaikan pesan bahwa saat ini banyak pegawai yang telah memenuhi syarat untuk diangkat menjadi pejabat eselon II, namun belum tercapai maka diharapkan pada kesempatan lain dapat menduduki jabatan eselon II dkarenakan posisi yang terbatas.

Untuk mengantisipasi adanya jabatan yang kosong agar tidak mengurangi kinerja organisasi maka Baperjakat yang biasanya dilaksanakan hanya 2 tahun sekali maka kedepannya akan dilaksanakan secara rutin sesuai kebutuhan serta situasi dan kondisi. Penilaian akan dilakukan secara obyektif dan tidak berdasarkan “like or dislike”, namun semua track record dibahas termasuk ada atau tidak catatan dari Inspektorat Jenderal.

Walaupun banyak masalah dimana-mana namun tidak menghambat kemajuan organisasi Kementerian Hukum dan HAM dengan menyampaikan informasi mengenai hal-hal yang belum dimengerti masyarakat melalui bahasa dan sikap yang santun baik oleh pejabat pusat maupun pejabat di Kantor Wilayah terutama mengenai kondisi Kementerian Hukum dan HAM baik pelayanan maupun peraturan hukumnya, demikian juga mengenai masalah politik, bahwa politik harus tunduk pada hukum, sehingga hukum bias mematahkan pendapat politik yang bertentangan dengan hukum sehingga ada ketenangan pad masyarakat.

Saat ini telah diterbitkan 2 (dua) Keputusan Menteri mengenai Baperjakat dan Keputusan Menteri tentang Pola Karir Pegawai pada Kementerian Hukum dan HAM, yang intinya dalam 3 (tiga) aspek:
1. Eksistensi Tim Baperjakat; 
2. Perpanjangan Batas Umur;
3. Proporsional

Pada akhir sambutannya Menteri Hukum dan HAM menyampaikan bahwa pejabat yang dilantik baik promosi maupun penyegaran merupakan orang-orang terbaik, maka diharapkan memberikan kinerja terbaiknya untuk kemajuan organisasi, dan akan diadakan evaluasi setiap 6 (enam) bulan sekali terhadap posisi jabatan sekarang apakah telah melakukan kemajuan terbaiknya untuk organisasi. Kepada Pejabat yang dilantik diberikan waktu 1 (satu) bulan untuk melaporkan inovasi dan kinerja yang terbaik yang telah dihasilkan pada posisi jabatannya. Menteri Hukum dan HAM mengingatkan kepada para pejabat yang beru dilantik untuk tetap memiliki motivasi tinggi demi kemajuan organisasi karena sekecil apapun apa yang kita lakukan harus diniatkan ibadah.

Kirim Komentar

Kode Pengaman
Refresh

Gabung di Komunitas


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 6 - 7 Jakarta Selatan
Telp. (021) 5221618 Fax. (021) 5265480
Email: admin @ djpp.info
www.djpp.kemenkumham.go.id
www.ditjenpp.kemenkumham.go.id