Berita/Kegiatan DJPP

Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Ditjen PP) menghadiri rapat RUU tentang Kepalangmerahan. Rapat yang dipimpin oleh Bapak Dr. Mualimin Abdi dilaksanakan pada Kamis (31/08/2017) dan juga dihadiri oleh perwakilan dari TNI, Kementerian Kesehatan, PMI, ICRC, Direktorat Administrasi Hukum Umum, serta Subdit Pembahasan Ditjen PP.

 

Agenda rapat yang berlangsung di ruang pertemuan lantai 5 gedung Kemenkumham tersebut adalah mengenai konsolidasi internal tim Pemerintah terkait dengan beberapa substansi di dalam draft RUU tentang Kepalangmerahan, sebelum akan diagendakan kembali rapat pembahasan DIM antara Pemerintah dengan anggota Panja Komisi IX.

 

Hasil rapat antara lain adalah membuat jawaban Pemerintah untuk mempertahankan "Judul" RUU Kepalangmerahan, karena ada beberapa fraksi yang mengusulkan untuk mengubah Judul RUU ini. Selanjutnya, membuat jawaban untuk mempertahankan "Lambang" Kepalangmerahan seperti yang diatur dalam RUU, kemudian PMI dan Kementerian Kesehatan mengusulkan rumusan baru untuk Pasal 2, yang kemudian akan disesuaikan normanya oleh Perancang Peraturan Perundang-undangan di Ditjen PP.